Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Indonesia Gagal Mengorbit

Kompas.com - 07/08/2012, 14:54 WIB
Simon Saragih

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Badan ruang angkasa Rusia, Roscosmos, mengatakan, roket tanpa awak gagal mencapai orbit. Satelit milik Indonesia untuk kepentingan komunikasi yang juga mendompleng saat peluncuran itu gagal mencapai tujuannya.

Demikian diberitakan badan tersebut di Moskwa, Rusia, Selasa (7/8/2012), sebagaimana diberitakan kantor berita Associated Press. Ini adalah rangkaian terbaru soal kegagalan peluncuran roket Rusia pembawa satelit.

Roscosmos mengatakan, roket peluncur bernama Proton-Mrocket, yang membawa satelit milik Rusia dan Indonesia, mati lebih cepat dari yang diduga setelah diluncurkan dari landasan Baikonur di Kazakhstan, Senin (6/8/2012).

Pada Agustus tahun lalu, Rusia juga kehilangan komunikasi dengan satelit komunikasi, tak lama setelah Proton M diluncurkan.

Pada tahun 2007, roket peluncur serupa juga gagal saat membawa satelit milik Jepang karena terjatuh ke Bumi.

Jubir Roscosmos, Alexei Kuznetsov, kepada kantor berita Itar Tass mengatakan bahwa Roscosmos kemungkinan akan menghentikan peluncuran setelah dilakukan penyelidikan.

Jenis roket sepanjang 50 meter dengan daya angkut 20 metrik ton itu sudah sudah biasa digunakan sejak tahun 1965.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com