Kompas.com - 07/08/2012, 07:18 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Pendaratan robot Curiosity di kawah Gale, Mars, Senin (6/8/2012), ternyata diintip satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lainnya yang juga mengorbit Planet Merah itu.

Satelit yang mengintip pendaratan Curiosity adalah Mars Reconaissance Orbitter (MRO), yang sudah mengelilingi Mars sejak tahun 2006. MRO mengintip Curiosity sejak wahana antariksa tersebut mulai memasuki masa "tujuh menit teror".

Satelit MRO mengabadikan pendaratan Curiosity dengan kamera beresolusi tinggi HiRISE yang dimiliki. Foto diambil satu menit sebelum Curiosity mendarat, yaitu saat robot beroda enam itu masih "tergantung" di kabel nilon dan parasut supersonik.

"HiRISE sudah menjepret lebih dari 120 gambar kawah Gale sebagai bagian dari seleksi dan karakterisasi pendaratan yang tepat, tapi saya pikir ini yang paling keren," kata Sarah Milkovich, anggota investigasi HiRISE di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, seperti dikutip Space, Senin.

Milkovich menuturkan, butuh persiapan sejak Maret untuk memastikan MRO bisa memotret Curiosity saat mendarat. Komando lewat komputer baru diberikan beberapa hari lalu. MRO akhirnya memotret dari jarak 340 km dari Curiosity.

Adapun Curiosity berhasil mengirimkan gambar setelah pendaratan berupa bayangan dirinya di permukaan Mars. Robot berbiaya 2,5 juta dollar AS tersebut diharapkan dapat membantu meneliti molekul kehidupan di Mars dan kemungkinan bagi manusia untuk mendarat di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.