Kompas.com - 06/08/2012, 18:57 WIB
|
EditorTri Wahono

RONDONIA, KOMPAS.com — Para biolog menemukan makhluk hidup yang sangat unik karena sekilas penampilannya mirip alat kelamin pria atau penis. Kemudian diketahui kalau makhluk itu merupakan jenis amfibi.

Meskipun tergolong amfibi, bentuk makhluk tersebut lebih mirip ular. Para ilmuwan menamainya Atretochoana eiselti atau ular yang terkulai/tak kaku. Secara kekerabatan, makhluk ini dekat dengan salamander dan katak.

Amfibi itu ditemukan pada November 2011 lalu, tetapi ilmuwan baru mengonfirmasinya sebagai jenis baru pada Rabu (1/8/2012).

Spesies ini ditemukan di Sungai Madeira di Rondonia, Brasil, saat ilmuwan berupaya mengeringkan beberapa bagian sungai untuk membuat dam baru. Sungai itu pun terhubung dengan Amazon.

Julian Tupan, biolog yang bekerja untuk San Antonio Energy, mengatakan bahwa sejumlah 6 spesimen ditemukan. Satu mati, tiga dilepaskan lagi ke alam, sementara dua diambil untuk studi.

Seperti dikutip Daily Mail, Tupan menuturkan, "Kami berpikir hewan ini bernapas lewat kulit dan mungkin memakan ikan kecil atau cacing, tetapi masih belum ada bukti."

Tupan menuturkan, "Amazon adalah gudang kejutan ketika berurusan dengan amfibi dan reptil. Ada banyak lagi yang masih perlu ditemukan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.