Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Foto Pertama Robot Curiosity di Mars

Kompas.com - 06/08/2012, 13:48 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Berhasil mendarat di Mars, Senin (6/8/2012), robot Curiosity pun menyuguhkan bukti pertama keberhasilannya. Tentu bukan foto robot tersebut, tetapi setidaknya berupa foto bayangan dirinya di permukaan Mars.

Curiosity berhasil mengirimkan foto tersebut kepada Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang kemudian menyebarkannya lewat Twitter.

Foto tersebut dikirim beberapa menit setelah pendaratannya di Kawah Galem dekat ekuator atau khatulistiwa Mars dipastikan sukses. Curiosity mendarat pukul 01.31 EDT atau 12.31 WIB. Di Mars kira-kira sore hari sekitar pukul 15.00.

Dalam foto tersebut, Curiosity tampak sebagai bayangan hitam di tempat pendaratan yang tampak terang. Sementara itu, dalam akun Twitter @MarsCuriosity, NASA juga menyebarkan foto lain yang menggambarkan dirinya dengan roda yang dimiliki.

"Dulu ada satu langkah kecil. Sekarang ini ada enam roda besar. Inilah salah satu dari mereka di permukaan Mars," demikian tweet @MarsCuriosity.

Wahana ini ditargetkan meneliti molekul kehidupan di Mars yang ada serta evolusi Mars dari planet yang basah menjadi kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com