Kompas.com - 06/08/2012, 13:48 WIB
|
EditorTri Wahono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Berhasil mendarat di Mars, Senin (6/8/2012), robot Curiosity pun menyuguhkan bukti pertama keberhasilannya. Tentu bukan foto robot tersebut, tetapi setidaknya berupa foto bayangan dirinya di permukaan Mars.

Curiosity berhasil mengirimkan foto tersebut kepada Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang kemudian menyebarkannya lewat Twitter.

Foto tersebut dikirim beberapa menit setelah pendaratannya di Kawah Galem dekat ekuator atau khatulistiwa Mars dipastikan sukses. Curiosity mendarat pukul 01.31 EDT atau 12.31 WIB. Di Mars kira-kira sore hari sekitar pukul 15.00.

Dalam foto tersebut, Curiosity tampak sebagai bayangan hitam di tempat pendaratan yang tampak terang. Sementara itu, dalam akun Twitter @MarsCuriosity, NASA juga menyebarkan foto lain yang menggambarkan dirinya dengan roda yang dimiliki.

"Dulu ada satu langkah kecil. Sekarang ini ada enam roda besar. Inilah salah satu dari mereka di permukaan Mars," demikian tweet @MarsCuriosity.

Wahana ini ditargetkan meneliti molekul kehidupan di Mars yang ada serta evolusi Mars dari planet yang basah menjadi kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.