Kompas.com - 02/08/2012, 16:15 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JENEWA, KOMPAS.com - Tanggal 4 Juli 2012 lalu, Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) mengumumkan keberhasilan menemukan partikel mirip partikel Higgs atau "partikel tuhan".

Partikel tersebut diburu sejak lama dan dianggap satu elemen yang hilang dalam Model Standar Fisika Partikel.

Diungkapkan dalam konferensi pers di Jenewa bulan lalu bahwa belum jelas apakah partikel yang ditemukan merupakan partikel Higgs atau bukan. Ada juga kemungkinan bahwa partikel yang ditemukan merupakan partikel lain.

Kini, peneliti di Large hadron Collider di perbatasan Swiss-Perancis seperti diberitakan BBC, Rabu (1/8/2012) melaporkan, bahwa tanda eksistensi partikel Higgs semakin kuat.

Level kepastian adanya partikel itu adalah 5,9 sigma. Artinya, kemungkinan tak adanya partikel Higgs atau kesalahan analisis adalah 1 dibanding 300 juta.

Signifikansi itu lebih tinggi. juli lalu, berdasarkan eksperimen ATLAS (salah satu eksperimen yang memburu partikel Tuhan di LHC), signifikansinya adalah 5 sigma, artinya kemungkinan salah 1 dibanding 3,5 juta. Eksperimen lain yaitu CMS melaporkan, bahwa signifikansi adalah 4,9 - 5 sigma.

Eksistensi partikel Higgs tak bisa dilihat. Ilmuwan mendeteksinya dengan menumbukkan partikel pada energi tinggi untuk menghasilkan partijkel Higgs yang hanya akan eksis dalam waktu kurang dari sedetik. Yang dilakukan ilmuwan kemudian adalah menganalisi data yang dihasilkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Riset terbaru yang menghasilkan signifikansi 5,9 sigma ini dihasilkan oleh eksperimen ATLAS. Naskah hasil riset telah dimasukkan ke jurnal Physics Letters B.

Sementara, hasil eksperimen CMS menunjukkan signifikansi 5 sigma, sama dengan sebelumnya. Naskah hasil riset juga dimasukkan ke jurnal yang sama.

Dengan hasil tersebut, kesimpulan yang bisa diambil adalah kemungkinan adanya partikel mirip partikel higgs itu semakin besar.

Namun, ada tidaknya partikel Higgs sendiri belum bisa ditentukan. Masih perlu penelitian lagi apakah partikel yang terdeteksi ini memang si partikel tuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.