Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Paus Sperm Belum Bisa Ditenggelamkan

Kompas.com - 02/08/2012, 11:53 WIB
Lasti Kurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penenggelaman bangkai paus sperm yang saat ini dijangkarkan di perairan Pulau Kotok Timur, Kepulauan Seribu, belum mencapai hasil yang diharapkan.

Bangkai paus sperm tersebut semula terdampar di pesisir Beting Ujung, Muaragembong, Bekasi, Minggu (30/7/2012). Bangkai yang mulai membusuk, bau, dan membengkak itu kemudian ditarik ke Pulau Kotok Timur, Kepulauan Seribu.

Sejak selasa (31/7/2012), upaya menenggelamkan bangkai dilakukan. Tim gabungan yang terdiri dari berbagai unsur membungkus bangkai paus dengan jaring yang kemudian dikaiti pemberat sekitar 2 ton. Selain itu, bangkai paus juga ditusuk pada bagian perutnya untuk mengeluarkan gas yang terakumulasi di dalamnya karena proses pembusukan.

Penenggelaman ini belum berhasil dan bangkai paus masing mengambang. Rabu kemarin, pemberat ditambah 1 ton sehingga total pemberat yang telah terpasang mencapai sekitar 3 ton.

Penusukan yang lebih dalam juga kembali dilakukan dan berhasil mengeluarkan gas yang lebih banyak. Namun, bangkai paus tetap belum tengelam. Bangkai masih membengkak, menandakan proses akumulasi gas akibat proses pembusukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com