Kompas.com - 31/07/2012, 19:05 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - WWF mengajak masyarakat untuk mengapresiasi polisi hutan lewat aksi "Cards4Tiger. Masyarakat diajak untuk mengirim kartu pos langsung maupun pnline kepada polisi hutan penjaga habitat harimau.

Aksi ini digelar untuk memperingati Hari Harimau Internasional yang jatuh pada Minggu (29/7/2012) dan World Ranger Day yang jatuh pada Selasa (31/7/2012) hari ini. Aksi ini tidak hanya dilakukan oleh WWF Indonesia, tetapi juga seluruh dunia.

Polisi hutan Indonesia yang terpilih menerima kartu pos adalah Rusli Siregar, Kepala Resor Suaka Margasatwa Bukit Rimbang - Bukit Baling, Provinsi Riau, yang menjadi salah satu habitat penting harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Rusli memulai menjadi polisi hutan sejak tahun 1990 dengan menjaga Resor Petai di Suaka Margasatwa Balaisejak. Dengan keterbatasan fasilitas, kini Rusli bersama 2 rekannya terus melakukan pengawasan.  

Mengungkapkan tujuan aksi ini, CEO WWF Indonesia, Dr. Efriansjah, mengatakan, "Aksi ini diharapkan dapat memupuk semangat Polhut untuk bekerja secara maksimal, tidak hanya untuk perlindungan harimau saja, tapi juga satwa liar dilindungi lainnya."

Kartu pos bisa diakses secara online lewat link http://panda.org/tigers/cards4tigers mulai Selasa (31/7/2012). Publik juga bisa mengirimkan kartu pos sendiri atau kartu pos yang dibagikan WWF Indonesia lewat sukarelawan, fundraiser ataupun Panda Mobile sampai 10 September 2012 mendatang.

Indonesia saat ini masih perlu meningkatkan perlindungannya pada satwa liar. Dalam laporan WWF yang diterbitkan 23 Juli 2012 lalu, Indonesia menerima dua "kartu kuning" karena perlindungan harimau dan gajah dari perburuan masih dinilai lemah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.