Paus Sperma Akan Ditenggelamkan Selasa Ini

Kompas.com - 31/07/2012, 01:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bangkai paus sperma yang terdampar di Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat, akan ditenggelamkan Selasa (31/7/2012).

"Penenggelaman akan dilakukan besok, rencananya akan mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi," kata Pramudya Harzani, Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

Penenggelaman rencananya akan dilakukan di wilayah perairan Pulau Kotok, Kepulauan Seribu.

"Wilayah ini dipilih karena merupakan kawasan konservasi terdekat yang bisa dijangkau dari Muara Gembong," papar Pram kepada Kompas.com, Senin (30/7/2012) malam.

Paus yang terdampar di Muara Gembong diketahui merupakan individu paus yang sama dengan yang terdampar di Pakis Jaya, Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/7/2012). Di Pakis Jaya, paus ditemukan masih hidup dan berhasil dibawa ke tengah laut pada Sabtu (28/7/2012). Sayang, paus kembali terdampar kembali ke daratan di wilayah Muaragembong dan ditemukan warga pada Minggu (29/7/2012) sekitar pukul 05.00 WIB.

Pram mengatakan bahwa paus yang terdampar kembali menunjukkan bahwa masa depan paus di lautan setelah penyelamatan memang tak punya kepastian.

Menurut Pram, opsi penenggelaman paus adalah yang paling tepat. Bangkai paus akan terdekomposisi secara alami.

Ia mengingatkan bahwa paus tak bisa dipotong-potong, apalagi dimakan. Sebagai predator, paus kemungkinan memiliki kadar merkuri tinggi bagi manusia.

Pram mengatakan, peristiwa paus terdampar dan upaya penyelamatan bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk mencintai lautan. Sekaligus ia menegaskan bahwa paus merupakan jenis mamalia laut, bukan ikan.


Editoryunan

Close Ads X