Kompas.com - 30/07/2012, 17:56 WIB
|
EditorKistyarini

FLAGSTAFF, KOMPAS.com - Spesies baru kumbang ditemukan di sebuah gua terpecil wilayah Arizona. Kumbang itu memiliki keunikan karena antenanya yang panjang dan kakinya yang ramping berhias bulu.

Jut Wynne dari Northern Arizona University ialah ilmuwan di belakang penemuan spesies kumbang yang dinamai Eleodes wynnei tersebut.

Eleodes wynnei bukan spesies pertama yang ditemukan Wynne. Sebelumnya, ia telah terlibat penemuan 3 genus arthropoda, 20 spesies baru arthropoda di wilayah Grand Canyon, 5 spesies baru di Rapa Nui National Park di Easter Island dan 4 spesies baru di El Malpais National Monument di barat New Mexico.

Menurut Wynne, penemuan kumbang spesies baru ini menjadi tanda bahwa lingkungan gua pun beragam.

"Gua adalah salah satu habitat yang paling sensitif di planet kita. Pada saat yang sama, karena lokasinya yang di bawah tanah, ekosistem ini seringkali diabaikan dari sudut pandang manajemen sumber daya," kata Wynne seperti dikutip Livescience, Jumat (27/7/2012).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.