Kompas.com - 30/07/2012, 17:56 WIB
|
EditorKistyarini

FLAGSTAFF, KOMPAS.com - Spesies baru kumbang ditemukan di sebuah gua terpecil wilayah Arizona. Kumbang itu memiliki keunikan karena antenanya yang panjang dan kakinya yang ramping berhias bulu.

Jut Wynne dari Northern Arizona University ialah ilmuwan di belakang penemuan spesies kumbang yang dinamai Eleodes wynnei tersebut.

Eleodes wynnei bukan spesies pertama yang ditemukan Wynne. Sebelumnya, ia telah terlibat penemuan 3 genus arthropoda, 20 spesies baru arthropoda di wilayah Grand Canyon, 5 spesies baru di Rapa Nui National Park di Easter Island dan 4 spesies baru di El Malpais National Monument di barat New Mexico.

Menurut Wynne, penemuan kumbang spesies baru ini menjadi tanda bahwa lingkungan gua pun beragam.

"Gua adalah salah satu habitat yang paling sensitif di planet kita. Pada saat yang sama, karena lokasinya yang di bawah tanah, ekosistem ini seringkali diabaikan dari sudut pandang manajemen sumber daya," kata Wynne seperti dikutip Livescience, Jumat (27/7/2012).