Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Hitam Mati di Perairan Muaragembong

Kompas.com - 30/07/2012, 09:08 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Seekor mamalia laut yakni paus hitam jenis sperm whale (Physeter macrocephalus) terdampar dan ditemukan mati di perairan Kampung Beting, Pantai Bahagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (29/7/2012) pagi.

Mamalia berbobot 2,5 ton dan sepanjang 15 meter itu, sebelumnya diselamatkan dengan cara dievakuasi ke tengah laut karena terdampar sekitar 500 meter dari bibir Pantai Sompek, Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (28/7/2012) siang.

Paus itu berhasil dievakuasi setelah ditemukan terdampar sejak Rabu (25/7/2012) pagi.

Kepolisian Sektor Muaragembong menyebutkan, paus itu ditemukan nelayan Muaragembong pada Minggu sekitar pukul 05.00. Nelayan meyakini, paus itu adalah mamalia yang sama yang telah diselamatkan akibat terdampar di Pantai Sompek yang berbatasan dengan bagian timur Kabupaten Bekasi.

Namun saat ditemukan terdampar, paus itu tidak bergerak. Bagian ekornya bergerak tetapi akibat ombak laut. Temuan itu kemudian dilaporkan ke petugas Polri di Muaragembong. Belum ada tindak lanjut setelah temuan paus mati itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com