Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Terdampar Berhasil Ditarik ke Tengah Laut

Kompas.com - 28/07/2012, 14:49 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com — Kerja keras para relawan dan petugas penyelamat akhirnya berhasil menggeser posisi paus jenis sperm whale yang terdampar di perairan Pantai Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ke tengah laut. Pada pukul 14.00 tadi, posisi paus yang beratnya 2,5 ton itu sudah bergeser 500 meter ke arah laut dari posisi semula.

Hal itu sangat menggembirakan mengingat dalam tiga hari terakhir para petugas yang mengerahkan beberapa kapal selalu gagal menggeser posisi paus yang kondisinya makin lemah.

Hingga Sabtu (28/7/2012) siang ini, para relawan masih terus berupaya dengan hati-hati menarik paus yang diperkirakan memiliki panjang 12 meter dan lebar 6 meter tersebut. Sebelumnya, sejumlah cara telah ditempuh, tetapi terkendala beratnya beban mamalia tersebut serta keterbatasan kemampuan kapal penarik.

Alat pengikat beberapa kali lepas sehingga penarikan gagal. Kini, pelan-pelan paus digiring ke tengah laut sebelum dilepaskan. Hingga proses pemasangan tali pada Sabtu pukul 13.30, paus masih terlihat hidup yang ditandai dengan semburan air.

Tim relawan gabungan, antara lain dari Jakarta Animal Aid Network, Tagana Karawang, SAR Segara, dan Kopassus, dengan empat kapal serta beberapa tugboat dan perahu karet menggiring proses penyelamatan itu.

Ribuan warga menonton proses penyelamatan itu dari bibir pantai dan sebagian lagi menaiki perahu-perahu yang disewakan nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com