Kompas.com - 25/07/2012, 12:55 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SYDNEY, KOMPAS.com - Ilmuwan mengungkap bahwa evolusi bintang laut bisa terjadi sangat cepat hanya dalam waktu beberapa ribu tahun saja.

Rick Grosberg, profesor ekologi dan evolusi bersama rekannya mempelajari dua spesies bintang laut, yaitu Cryptasperina Hystera and Cryptasperina Pentagona. Tujuannya adalah mengetahui lamanya proses spesiasi (pembentukan spesies baru) dalam evolusi kedua fauna itu.

C. Hystera dan C. Pentagona merupakan fauna yang secara kekerabatan dekat namun punya karakteristik yang berbeda jauh. Secara habitat misalnya, C. Hystera mendiami wilayah pantai dan kepulauan di ujung selatan dari habitat C. Pentagona.

Sementara, secara reproduksi, C. Pentagona punya pejantan dan betina yang masing-masing akan menghasilkan sperma dan sel telur, lalu melakukan pembuahan eksternal. Sementara, C. Hystera adalah individu hermaprodit dimana individu baru akan dihasilkan lewat kelahiran.

Dalam riset, para peneliti melihat keragaman DNA dari kedua spesies bintang laut itu dan memperkirakan lamanya proses spesiasi.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa terpisahnya C. Hystera dan C. Pentagona yang memacu pembentukan kedua spesies berlangsung 6000 - 22.000 tahun yang lalu. Kedua spesies terisolasi dan mengalami perubahan DNA secara cepat.

"Proses itu tergolong cepat dibandingkan pada kebanyakan organisme," ungkap Grosberg seperti dikutip Physorg, Kamis (24/7/2012).

Diperkirakan, 11.000 tahun lalu, batasan antara laut dingin dan hangat di Coral Sea berfluktuasi. Populasi moyang bintang laut, mungkin juga hanya satu individu, mungkin mengkolonisasi wilayah selatan kemudian akhirnya justru terisolasi oleh perubahan arus laut.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B yang terbit 18 Juli 2012 lalu.