Kompas.com - 22/07/2012, 12:21 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

MASSACHUSETS, KOMPAS.com - Asteroid 2001 AM31 akan melintasi Bumi akhir pekan ini. Warga Bumi berkesempatan untuk melihat benda langit ini.

Asteroid 2002 AM31 akan mencapai jarak terdekat pada Minggu (22/7/2012), melintasi Bumi pada jarak 5,2 juta kilometer.

Berdasarkan informasi Earth Sky, asteroid ini akan melintas tepatnya pada pukul 23.30 UTC atau Senin (23/7/2012) sekitar pukul 06.30 WIB. Pada saat asteroid ini melintas, Matahari di Indonesia jelas sudah terbit dan mungkin Anda pun sudah dalam perjalanan ke kantor.

Meski demikian, kesempatan untuk melihat asteroid ini tak pupus. Warga Bumi bisa melihatnya dengan mengakses Slooh.com. Slooh.com akan menayangkan livestreaming asteroid yang melintas berdasarkan observasi di Prescott Observatory di Arizona dan Kepulauan Canary.

Perlu diingat bahwa asteroid 2002 AM31 tak berpotensi menumbuk Bumi. Jadi, peristiwa melintasnya asteroid ini tak perlu dikhawatirkan.

Asteroid 2002 AM31 ditemukan tahun 2002. Asteroid ini merupakan salah satu asteroid yang terus diawasi untuk mengetahui kemungkinan membahayakan Bumi di masa depan.

Observasi dengan radar antena di California mengungkap bahwa asteroid ini berdiameter 340 meter. Sementara, observasi di Jet Propulsion Laboratory Pasadena mengungkap bahwa lebar asteroid ini dua kali lipatnya, sekitar 792 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.