Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Tercantik Saturnus Diabadikan

Kompas.com - 18/07/2012, 19:19 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Wahana antariksa Cassini milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mengabadikan wajah tercantik Saturnus bersama cincin dan satelit yang juga mengitarinya.

Dalam salah satu citra yang diabadikan, Cassini memperlihatkan planet Saturnus dengan cincinnya yang tampak pipih. Di sekitarnya, diperlihatkan 3 bulan besar Saturnus, yakni Rhea, Tethys, dan Pandora.

Citra yang tak kalah spektakuler memperlihatkan Planet Saturnus dan cincinnya secara close-up. Dalam citra tersebut, tampak bayang-bayang struktur cincin menghiasi permukaan planet terbesar kedua di Tata Surya tersebut.

Beberapa gambar lain memperlihatkan permukaan Rhea yang penuh kawah, cincin Saturnus yang dihiasi oleh bulan yang lain bernama Dione, serta bagian cincin Saturnus yang tertutup oleh bayangan Tethys.

Pihak NASA menyatakan bahwa citra yang dirilis kali ini merupakan yang tercantik dan tertajam. Citra bisa diperoleh sebab Cassini mengubah sudut pengambilan citra Saturnus serta secara reguler bergerak ke bagian atas dan bawah ekuator planet itu.

Saturnus istimewa karena memiliki 60 bulan, melebihi jumlah bulan milik Jupiter. Saturnus juga memiliki bulan terbesar bernama Titan yang berdasarkan riset terbaru memiliki atmosfer. Bulan Saturnus adalah salah satu tempat di Tata Surya yang diduga menyimpan kehidupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com