Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasi Mangrove kepada Anak SD

Kompas.com - 17/07/2012, 11:29 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ada banyak cara menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya mempertahankan keutuhan dan kelestarian hutan mangrove. Dalam rangka kepedulian terhadap pelestarian mangrove, PT Marimas bersinergi dengan KeSEMaT (Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur) dan Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, menggelar kegiatan sosialisasi mangrove dan berbagai perlombaan.

Kegiatan pengajaran dan sosialisasi tentang mangrove yang berlangsung tanggal 16 Juli 2012 hingga tanggal 4 Agustus 2012 dilakukan dengan cara memberikan penjelasan, pengetahuan , dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SD di sekitar pesisir Kota Semarang.

Selain pengajaran dan sosialisasi mangrove, juga digelar lomba menggambar ekosistem mangrove di 30 SD di Kota Semarang. Sekolah yang terlibat adalah antara lain SD Purwoyoso 04, SD Mangkang Kulon 01, SD Gebangsari 01 - 02, SDN Genuksari 02, SD Ngaliyan 01, SD Grisikdrono 02 - 04, SD Bringin 02, SDN Muktiharjo Lor, SD Kuningan 02, SD Purwosari s. AB, SD Kuningan 01, SDN Mlatiharjo 01, SD Istam Taqwiyatul Wathon, SD Mangkang kulon 02, SDN. Sarirejo Kartini, SD Ngaliyan 02, SD Kalibanteng Kidul 01, SDN Manyaran 01, SD Kalibanteng Kidul 03, SD Bugangan 03, SD Krapyak, SD Jomlang 01, SDN Padangsari 01, SD Randugarut, SD Tritunggal, SDN Purwoyoso 03 Semarang, SDN Tinjomoyo 01, SD Srondol Wetan 02, dan SD Wonotingal 1 dan 2.

"Acara dikemas dengan bentuk fun games dan pengajaran yang serius tapi santai sehingga materi tentang mangrove dapat diterima oleh siswa SD. Sedangkan untuk kegiatan lomba menggambar mangrove akan dipilih pemenang dimasing-masing sekolah," ungkap Public Relations Marimas Leni Yuliana, dalam keterangan pers, Selasa (17/7/2012).

Leni berharap dari acara tersebut generasi muda sejak dini mengetahui tentang mangrove dan fungsi pohon mangrove serta nantinya mereka bisa menjadi "Duta Mangrove" khususnya di tempat tinggal mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com