Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aurora Memang Bisa Menghasilkan Suara

Kompas.com - 10/07/2012, 20:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

HELSINKI, KOMPAS.com — Suara aurora telah lama menjadi misteri. Suara bisa serupa dengan tepukan tangan, gemericik, hingga suara gaduh. Adanya suara aurora sempat dianggap tidak mungkin.

Unto Laine, ilmuwan dari Aalto University di Helsinki, Finlandia, lewat studinya mengungkapkan, suara aurora memang benar adanya.

"Riset kami mengungkap bahwa sumber suara yang berasosiasi dengan aurora borealis yang kita lihat disebabkan oleh partikel energetik dari Matahari yang membuar cahaya utara itu di langit," ungkap Unto Laine, peneliti  dari Aalto University di Hensinki, Finlandia, seperti dikutip Space, Senin (9/7/2012).

Dalam studi, Laine menentukan lokasi suara aurora dengan membandingkan suara yang ditangkap oleh 3 mikrofon yang dipasang di area dengan aktivitas aurora tinggi. Pengukuran secara simultan oleh Finnish Meteorological Institute menunjukkan pola khusus yang merujuk hubungan aurora dengan suara.

Suara aurora tidak muncul setiap saat ada aurora. Suara juga relatif pelan. Untuk mendengarnya, butuh lingkungan dengan polusi suara yang rendah.

Hasil riset Laine dipublikasikan di Proceeding of the 19th International Congress on Sound and Vibration, konferensi yang diadakan di Vilnius, Lithuania, 8-12 Juli 2012.

Aurora sendiri adalah fenomena yang terbentuk karena partikel energetik dari Matahari bertumbukan dengan molekul di atmosfer sehingga menghasilkan cahaya. Ada dua macam aurora, aurora borealis di kutub utara Bumi dan aurora australis di kutub selatan Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com