Kompas.com - 08/07/2012, 11:57 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Ada spekulasi yang berkembang di tengah eksperimen Large Hadron Collider (LHC) di Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN).

Spekulasi menyatakan bahwa eksperimen pencarian Partikel Tuhan di LHC bisa menciptakan lubang hitam mini yang bisa menelan Bumi dan mengakibatkan kiamat. Benarkah?

Ini memang bukan isu baru. Sejak LHC dibangun, isu tersebut sudah muncul.

Situs The Telegraph pada 26 Juli 2011 lalu sempat mengulas hal ini. Dinyatakan bahwa sampai penemuan partikel yang konsisten dengan Higgs Boson atau disebut Partikel Tuhan pada Rabu (4/7/2012) lalu, eksperimen belum menghasilkan lubang hitam.

Ada anggapan bahwa tak dihasilkannya lubang hitam disebabkan karena daya mesin yang masih setengah dari yang direncanakan. Pada akhir tahun ini, daya LHC akan di-upgrade lagi untuk menghasilkan energi lebih besar.

Namun, dengan energi penuh sekalipun, ilmuwan CERN meyakini bahwa eksperimen di LHC tak bisa menciptakan lubang hitam. Bahkan jika bisa sekalipun, lubang hitam itu sangat kecil dan segera lenyap dalam 10-26 detik. Jadi tak akan mengakibatkan kiamat.

Fisikawan dan kosmolog Stephen Hawking menyatakan, kekuatan LHC adalah "kerikil" dibandingkan kekuatan yang ada di alam semesta.