Kompas.com - 08/07/2012, 11:57 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Ada spekulasi yang berkembang di tengah eksperimen Large Hadron Collider (LHC) di Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN).

Spekulasi menyatakan bahwa eksperimen pencarian Partikel Tuhan di LHC bisa menciptakan lubang hitam mini yang bisa menelan Bumi dan mengakibatkan kiamat. Benarkah?

Ini memang bukan isu baru. Sejak LHC dibangun, isu tersebut sudah muncul.

Situs The Telegraph pada 26 Juli 2011 lalu sempat mengulas hal ini. Dinyatakan bahwa sampai penemuan partikel yang konsisten dengan Higgs Boson atau disebut Partikel Tuhan pada Rabu (4/7/2012) lalu, eksperimen belum menghasilkan lubang hitam.

Ada anggapan bahwa tak dihasilkannya lubang hitam disebabkan karena daya mesin yang masih setengah dari yang direncanakan. Pada akhir tahun ini, daya LHC akan di-upgrade lagi untuk menghasilkan energi lebih besar.

Namun, dengan energi penuh sekalipun, ilmuwan CERN meyakini bahwa eksperimen di LHC tak bisa menciptakan lubang hitam. Bahkan jika bisa sekalipun, lubang hitam itu sangat kecil dan segera lenyap dalam 10-26 detik. Jadi tak akan mengakibatkan kiamat.

Fisikawan dan kosmolog Stephen Hawking menyatakan, kekuatan LHC adalah "kerikil" dibandingkan kekuatan yang ada di alam semesta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.