Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animasi Matematika Diluncurkan

Kompas.com - 05/07/2012, 18:58 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Piranti lunak (software) Animasi Matematika dapat mendorong semangat, meningkatkan minat, serta menghasilkan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan. 

Software Animasi Matematika untuk membantu para siswa belajar matematika tersebut dikembangkan Suwato Komala, seorang dosen. Animasi Matematika diluncurkan di Jakarta, Kamis (5/7/2012) ini.

Animasi Matematika mengkombinasikan pendekatan model pembelajaran ,yang berfokus kepada siswa (student centered) dalam lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment) yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information).

Animasi Matematika kini telah menampung lebih dari ribuan contoh soal, berikut pembahasannya, sebagai referensi siswa, sehingga dapat mendorong kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu penguasaan materi.

Tidak hanya itu, software ini juga mampu melakukan penilaian (scoring) atas hasil kerja siswa, sehingga guru dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan siswa secara berkesinambungan.

"Selama lebih dari 30 tahun mengajar dan 15 tahun terakhir menyusun program ini, saya telah banyak menyaksikan tantangan dalam proses belajar-mengajar matematika, baik terhadap siswa, guru bahkan orang tua. Seringkali permasalahan yang dihadapi adalah pada semangat dan minat belajar siswa dan pendekatan yang diambil guru dan orang tua," ungkap Suwato.

Animasi Matematika ini tersedia bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, sampai SMK (akuntansi/pariwisata/teknologi) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

Layaknya software yang banyak tersedia, software ini akan diupdate secara berkala, terutama memberikan free update soal-soal UN (ujian nasional) beberapa tahun terakhir, dan yang terbaru serta menyajikan pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com