Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sotong Menjelma Jadi "Dua Wajah" Sebelum Kawin

Kompas.com - 04/07/2012, 14:07 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Sotong, fauna yang masuk golongan mollusca dan sering disebut cuttlefish, punya perilaku unik. Pejantan spesies ini menjadi makhluk dua wajah untuk bisa memenangkan kompetisi mendapatkan betina untuk dikawini.

Hal tersebut terungkap dari hasil riset Culum Brown, peneliti biologi kelautan dari Macquarie University di Australia.

Dua wajah yang dimaksud adalah wajah betina dan pejantan. Sebelum kawin, bagian tubuh sotong yang menghadap pada betina tetap dipertahankan memiliki wajah jantan. Sementara bagian tubuh yang menghadap pada pejantan lain diubah berwajah betina.

"Dengan kelicikan, pejantan menghabiskan waktu lebih untuk meyakinkan betina untuk dikawini sebelum ditemukan oleh pejantan lain," kata Brown seperti dikutip Livescience, Selasa (3/7/2012).

"Dua Wajah" sorong ditemukan pertama kali saat peneliti melakukan riset pada spesies Sepia plangon di laboratorium. Ilmuwan menemukan adanya pola aneh berupa pola burik yang khas betina.

Untuk menyelidiki, ilmuwan kemudian melihat koleksi foto sotong yang terdiri dari 138 individu jantan.

Riset menunjukkan bahwa 39 persen foto individu jantan menunjukkan adanya dua wajah. Peneliti menemukan bahwa komuflase dua wajah hanya terjadi saat ada dua jantan dan satu betina dalam satu wilayah tertentu.

Menurut Brown, komuflase dua wajah akan membuat pejantan lain mengira ada dua betina sehingga bingung untuk memilih.

Komuflase ini tergolong berisiko. Kalau pejantan lain mengetahuinya, maka bisa jadi dua pejantan justru berkelahi dan salah satunya kehilangan kesempatan kawin.

Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Biology Letters, Selasa kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com