Kompas.com - 03/07/2012, 19:57 WIB
|
EditorPepih Nugraha

KOMPAS.com - Sebanyak 25 spesies ikan karang baru termuat dalam buku Reef Fishes of the East Indies yang ditulis oleh peneliti biologi kelautan, Gerald R Allen dan Mark V Erdmann. Di antara 25 spesies tersebut, salah satunya adalah fairy basslet jenis Pseudanthias mica yang berasal dari lautan Indonesia.

Jenis ikan tersebut merupakan favorit dari Erdmann yang merupakan peneliti dari Conservation International. Nama "mica" pada spesies itu diambil dari nama putri Erdmann sendiri.

"Fairy basslet, meskipun memiliki kekerabatan dekat dengan grouper, adalah pemakan plankton yang biasanya dijumpai dalam group berjumlah puluhan atau ratusan, dan jantannya memiliki warna pastel yang terang," kata erdmann seperti dikutip National Geographic, Kamis (28/6/2012).

Pseudanthias mica  adalah sebagian kecil dari upaya selama 60 tahun lebih untuk mendata spesies yang ada di perairan Indonesia dan sekitarnya. Dalam buku Reef Fishes of the East Indies, termuat kurang lebih 2500 jenis.

Upaya pendataan itu bukannya tanpa tujuan. Dengan mendata keragaman karang di wilayah Segitiga Terumbu Karang, Laut Cina Selatan dan Laut Andaman, Erdman berharap pemerintah mem[rioritaskan area tersebut sebagai wilayah konservasi.

"Ketika kami berbicara pada komunotas, kami sering menjelaskan bahwa area ini adalah pabrik spesies, dan mencatat perlunya menjaga pabrik untuk terus berjalan," ungkap Erdmann.

Selain Pseudanthias mica, ikan spesies baru lainnya yang juga ditemukan di Indonesia adalah jenis clingfish Aspasmichthys alorensis. Jenis ini ditemukan di wilayah Alor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.