Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Indonesia Borong Medali di Kompetisi Internasional

Kompas.com - 02/07/2012, 19:31 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.con - Siswa Indonesia kembali berjaya dengan meraih penghargaan di kompetisi internasional, International Exhibiton for Young Inventors (IEYI) di Thailand, 28-30 Juni 2012. Siswa Indonesia yang berhasil meraih medali emas adalah Linus Nara Pradhana dari SMP Petra Surabaya dengan inovasi Water Coated Helmet serta Hermawan Maulana dan Zihrama Afdi dari SMA Negeri 3 Semarang dengan inovasi Carbonfil Application for Carbon Oxygen Separation in Smoking Room.

Selain meraih medali emas, siswa Indonesia juga berhasil meraih medali perunggu. Mereka yang meraihnya adalah Muhammad Luqman dan Fishal Fuad Rahman dari SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan inovasi Edges Shoes serta Almass L Arief dari SD Muhammad Manyar, Gresik, dengan inovasi Braille Glass.

Karya siswa Indonesia juga meraih penghargaan Special Awards. Siswa yang meraihnya adalah Dini Esfandiari dan Shofi Delaila Herdi dengan inovasi Mini Multi Commander serta Nur Chabibur Rohim, Muhammad Asrori dan Risang Yogardi dari SMK Negeri 1 Tengaran dengan inovasi Jaritmatika Game.

Para siswa yang tampil di IEYI di Bangkok ini merupakan pemenang National Young Inventors Awards (NYIA) yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) setiap tahunnya.

Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakat Iptek (BKPI) LIPI, Dr. Ir. Bogie Soedjatmiko, Senin (2/7/2012), mengatakan, "Prestasi yang mereka capai pada ajang ini menunjukkan bahwa kita memiliki stok remaja berkualitas." Karya siswa Indonesia mengalahkan total 207 inovasi dari 9 negara yang mengikuti ajang IEYI ini.

Senin (2/7/2012), siswa akan disambut di Bandara Soekarno Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com