Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Benggala Kembar Tiga Lahir di Bali

Kompas.com - 29/06/2012, 17:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com — Harimau putih koleksi Bali Zoo di Singapadu, Kabupaten Gianyar, Bali, melahirkan tiga bayi kembar pada 11 Juni 2012 dengan proses kelahiran normal.

"Tiga bayi kembar harimau benggala itu merupakan generasi ketujuh dari pasangan induk harimau betina, Kartini; dan jantan, Buntung, sehingga menambah jumlah keluarga besarnya menjadi 15 ekor," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat-Eksekutif Bali Zoo Emma Kristiana Chandra di Gianyar, Jumat (29/6/2012).

Ketiga bayi kembar yang diberi nama Punja, Delta, dan Gangga itu memiliki warna dan corak mengadopsi dari pejantannya yang berwarna dominan oranye dengan belang hitam dan putih.

Kristiana mengatakan bahwa harimau benggala memiliki dua warna, yakni oranye dan putih. Warna putih pada harimau benggala bukanlah warna albino, melainkan variasi warna dari gen resesif dan masih terdapat loreng pada tubuhnya.

Sejak lahir hingga saat ini, ketiga bayi harimau itu tumbuh sehat dengan berat badan masing-masing mencapai empat kilogram dengan tinggi mencapai 57 sentimeter, 59 sentimeter, dan 60 sentimeter.

Menginjak usianya yang baru dua minggu, ketiga bayi kembar harimau itu masih dalam pengawasan intensif oleh tim dokter hewan dan diletakkan di kandang kontrol.

"Induknya masih menyusui bayi harimau itu, dan sekarang mereka terlihat aktif dan sudah mulai mengaum," kata dokter hewan Bali Zoo, drh Rangga Wiradarma.

Rencananya, bayi-bayi harimau itu akan dilepas dari induknya saat berumur dua hingga tiga bulan.

Kelahiran bayi harimau itu menunjukkan keberhasilan dalam pelestarian dan pemeliharaan oleh Kebun Binatang Bali. Satwa yang populasinya kurang dari 2.500 ekor di dunia ini dinyatakan terancam punah oleh Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com