Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Indonesia Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 26/06/2012, 21:06 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik buatan nasional ikut meramaikan peluncuran peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hekteknas) di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2012). Mobil yang berbentuk bus ini merupakan buah karya Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI.

Pada acara ini juga diadakan fun drive dengan mengajak rombongan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan wartawan mencoba mobil listrik itu. Mobil yang mampu berjalan sejauh 150 kilometer ini membawa rombongan berjalan dari Gedung BPPT menuju Monas dan kembali ke tempat semula.

"Produksi masal kendaraan ini merupakan harapan yang ingin kami capai," ujar Abdul Hafid salah seorang peneliti dari LIPI. Menurutnya bus dengan kapasitas 17 orang ini sudah siap digunakan untuk keperluan transportasi darat di Indonesia.

Sementara itu dalam pidatonya Menristek Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan bahwa momentum pengembangan mobil listrik pada saat ini dinilai tepat sebelum pihak luar negeri bangkit dan menyerbu pasar Indonesia yang sangat besar. Dirinya juga mengaku sudah melakukan komunikasi dengan kementrian terkait untuk turut mendukung pengembangan mobil listrik ini.

Puncak dari peringatan Hakteknas ke 17 sendiri akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 8-11 Agustus 2012. Selain mobil listrik acara ini juga akan dimeriahkan oleh industri kreatif bidang teknologi lainnya seperti video kreatif dan robotik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com