Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prototipe Mobil Listrik Belum Akan Diproduksi Massal

Kompas.com - 26/06/2012, 20:22 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Riset dan Teknologi memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Selasa (26/6/2012). Peringatan Harteknas Ke-17 kali ini dimeriahkan dengan peluncuran prototipe mobil bertenaga listrik.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menjelaskan, peluncuran mobil listrik ini adalah momentum perjalanan panjang dari kegigihan para ilmuwan, teknolog, peneliti, perekayasa, dan aktivis ilmu pengetahuan dan tekonologi yang berupaya meraih prestasi gemilang.

"Dari masa ke masa terus bermunculan prototipe teknologi yang telah dihasilkan SDM iptek kita," ujar Gusti kepada wartawan, Selasa (26/6/2012) di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Mobil listrik yang berbentuk minibus tersebut adalah hasil riset yang tergolong kendaraan on the road. "Kendaraan ini belum diproduksi secara massal. Kemenristek dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk merumuskan langkah senjutnya," tuturnya.

Ia menambahkan, beberapa tahun lalu sudah dihasilkan prototipe mobil listrik konversi (mobil biasa diganti dengan sistem penggerak listrik). Empat bulan lagi, pihak Kemenristek dan LIPI akan meluncurkan prototipe mobil hibrida eksekutif serta sedan listrik hibrida khusus untuk kendaraan dinas Menristek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com