Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Asing di Balaraja Diyakini Bukan Meteor

Kompas.com - 22/06/2012, 03:08 WIB
Editor

Tangerang, Kompas - Jatuhnya benda asing di Dusun Nagrek, Desa Sentul, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (21/6) subuh, menghebohkan warga. Hasil uji radiasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional memastikan material itu bukan meteor atau sampah antariksa.

Benda asing itu jatuh menimpa mes karyawan berukuran 3 meter x 3 meter, di Jalan Raya Serang Km 26, sekitar pukul 05.00. Riswan, seorang karyawan yang sedang tidur di mes, terluka terkena lontaran benda itu.

Atap serta langit-langit mes rusak. Sepeda motor milik Riswan yang ditaruh di samping tempat tidurnya juga ringsek karena tertimpa benda asing itu.

Benda asing itu masih menancap dalam di tanah dan meninggalkan lubang sedalam sekitar 1 meter dengan diameter 0,75 meter. Benda itu terbuat dari logam. Bentuknya seperti balok dengan sisi sekitar 15 sentimeter. Namun, panjangnya belum diketahui karena masih menancap di tanah. Beratnya diperkirakan 100 kilogram.

Beberapa warga di sekitar lokasi kejadian memberikan kesaksian beragam. Sebagian mengaku sama sekali tidak mendengar suara mencurigakan ataupun merasakan getaran di sekitar waktu kejadian.

Arif, karyawan katering yang subuh itu tidur di bangunan di samping lokasi kejadian, mengaku mendengar suara dentuman seperti ban pecah dan merasakan satu kali getaran.

Hasil uji radiasi

Kamis sore, petugas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) tiba di lokasi untuk memeriksa ada atau tidak radiasi yang terpancar dari benda asing itu. Mereka memastikan tidak ada radiasi.

”Uji radiasi dengan alat radeye person radiation detector menunjukkan angka maksimal 0,06 mikrosirvert per jam. Itu menandakan hasilnya negatif radiasi,” kata Toto Heryanto, staf Bapeten.

Sebagai perbandingan, benda asing mengandung radiasi apabila hasil pengukuran menunjukkan angka 10 kali di atas angka tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+