Ada Kawah "Mickey Mouse" di Merkurius

Kompas.com - 19/06/2012, 10:22 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

WASHINGTON, KOMPAS.com — Wahana antariksa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap citra sebuah kawah di permukaan Merkurius. Uniknya, kawah tersebut memiliki bentuk serupa dengan tokoh kartun Mickey Mouse.

Dalam gambar, citra tampak sebagai sebuah kawah besar dengan dua cekungan yang berada di atasnya. Sekilas, rupa kawah tersebut tampak sebagai wajah Mickey Mouse dengan dua telinga di atasnya.

"Efek bayangan membantu membentuk rupa Mickey Mouse, terbentuk karena akumulasi kawah, selama sejarah panjang geologi Merkurius," ungkap misi Messenger NASA dalam keterangan gambar yang dipublikasikan pada Jumat (15/6/2012).

NASA menangkap citra tersebut pada 3 Juni 2012. Menurut NASA, "Mickey Mouse" itu terbentuk dari kawah selebar 105 kilometer yang kemudian dihiasi dengan kawah yang lebih muda akibat tumbukan berikutnya. "Mickey Mouse" ini terletak di belahan selatan Merkurius.

Kawah "Mickey Mouse" ini adalah salah satu bentuk pareidolia, saat manusia mengasosiasikan bentuk tertentu dengan sesuatu yang dikenal, baik hewan, manusia, atau tokoh lain. Faktanya, pada kawah ini, kawah yang lebih besarlah yang sejatinya terletak di bagian atas.

Messenger adalah kepanjangan dari Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry and Ranging. Wahana ini diluncurkan pada tahun 2004 dan akhirnya tiba di orbit Merkurius pada Maret 2011. Wahana ini bertugas memetakan Merkurius.