Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Pantas Dijadikan Salah Satu Tujuan Liburan

Kompas.com - 08/06/2012, 03:49 WIB

Maraknya ”girl band” dan ”boy band” asal Korea seperti Super Junior, Big Bang, dan Girls Generation yang mulai meramaikan belantika musik dunia, serta berbagai drama seri Korea yang juga tak kalah seringnya seliweran di layar kaca kita, rasanya tak lengkap kalau tidak mengenal Korea lebih jauh.

Beberapa waktu lalu, Garuda Indonesia Branch Office Jakarta mengadakan corporate trip, yang merupakan kerja sama Garuda Indonesia dengan Korea Tourism Organization, selama seminggu untuk menjelajah Korea Selatan (Korsel). Dengan menempuh perjalanan sekitar tujuh jam dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Garuda Indonesia, rombongan kami tiba di Korsel yang kala itu cuacanya dingin.

Sesampainya di Incheon International Airport, perjalanan kami langsung dilanjutkan dengan penerbangan menuju Jeju Island. Pemandangan ”negeri ginseng” yang indah dan asri dengan pepohonan rindang di sisi jalan raya tersebut menambah indahnya daya tarik negeri ini.

Perjalanan panjang kami terbayar sudah saat kami sampai di Spirited Garden, salah satu obyek wisata unggulan di Jeju Island. Berbagai bentuk tanaman bonsai yang unik ada di sana. Berjalan mengelilingi taman ini sambil ditemani suara air yang tenang. Juga bebatuan yang tersusun apik menambah keindahan pemandangan dari taman yang diberi predikat the most beautiful garden in the world.

Setelah puas mengagumi keindahan taman ini, perjalanan dilanjutkan ke tempat pembuatan cokelat, JE KISS Chocolate. Di sini kami diberi kesempatan mencoba langsung proses pembuatan cokelat.

Wisata air di Jeju Island juga tak kalah menarik untuk dicoba. Di Jungmun Marine Park Pacific Island, tur dengan menggunakan yacht dan jet boat lengkap tersaji. Hidangan laut segar king crab sampai kerang tersaji lengkap dan dapat dinikmati sambil melihat pemandangan laut yang bersih dan tenang. Setelah itu, kami diajak mengunjungi museum boneka beruang, Joanne Bear Museum. Di sana disajikan berbagi jenis kostum dan ukuran boneka beruang. Bagi pencinta boneka beruang, di sini surganya. Boneka beruang berkostum tradisional Korea maupun modern ditampilkan secara apik. Bagi penyuka drama seri Korea, Winter Sonata, dapat dijumpai boneka beruang dengan kostum yang digunakan oleh aktor dan aktris di drama seri itu.

Berwisata ke mana pun, rasanya kurang lengkap bila tidak mengunjungi pusat belanja setempat. Kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar tradisional Jeju-Dong Mun Market. Di sana berbagai macam makanan dan suvenir khas Korea dijajakan. Selain pasar tradisional, pusat perbelanjaan raksasa Lotte World juga dapat menjadi pilihan belanja. Di bidang teknologi, Korea juga tidak bisa dianggap remeh. Produk Samsung adalah salah satu produk elektronik andalannya. Kami diberi kesempatan untuk mengunjungi ruang pamer Samsung. Di ruang itu, seluruh produk teranyar dipamerkan.

Di samping pemandangan modern yang disajikan oleh negeri ini, bangunan-bangunan kuno berupa istana juga masih dipertahankan. Gyeongbok Palace, Changgyeong Palace, dan Deoksu Palace adalah bangunan kerajaan yang terletak di Seoul, yang kelestarian bangunannya masih sangat dipertahankan dan dijaga oleh Pemerintah Korea Selatan.

Gyeongbok Palace adalah istana tua peninggalan Dinasti Joseon yang dibangun pada zamannya dengan kesempurnaan arsitektur tradisional Korea dengan ciri-ciri atap, pilar, dan lantai yang warna-warni. Bangunan ini terletak di pusat kota pemerintahan Seoul.

Sementara Changgyeong Palace merupakan bangunan yang didirikan pada saat pemerintahan Raja Seongjong. Bangunan ini dibangun untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga kerajaan. Saat mengunjungi Korea Selatan, menikmati arsitektur dari peninggalan bersejarah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com