Kompas.com - 06/06/2012, 20:10 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena Transit Venus yang terjadi pada Rabu (6/6/2012) tidak menyuguhkan pemandangan Venus di muka Matahari yang bisa dilihat lewat teleskop. Bintik Matahari pun terlihat.

Bintik Matahari terjadi karena adanya aktivitas magnetik yang menghalangi penghantaran panas di suatu area permukaan Matahari. Ini menyebabkan area tersebut tampak gelap dan bersuhu lebih dingin.

Pada waktu yang bersamaan dengan Transit Venus, bintik Matahari berhasil didokumentasikan oleh Ma'rufin Sudibyo lewat pengamatan di FKIF Gombong, Jawa Tengah, dengan teknik proyeksi teleskopik.

Ada tiga bintik Matahari yang terlihat, masing-masing dinamai dengan nomor 1493, 1494, dan 1497. Dari sudut pandang manusia lewat teleskop, ketiganya tampak di muka Matahari, di atas Venus.

Bintik matahari terkait dengan aktivitas Matahari. Banyaknya jumlah bintik menunjukkan bahwa aktivitas Matahari lebih aktif. Dan, tahun ini memang salah satu periode aktif aktivitas Matahari.

Bila diamati, bintik Matahari dan bintik hitam planet Venus yang sedang transit tampak berbeda dari ukurannya. Bintik Matahari tampak lebih kecil, sementara Venus lebih besar dan berbentuk lingkaran sempurna.

Adanya bintik Matahari semakin memperkaya fenomena yang bisa dilihat saat Transit Venus. Asal tahu, bintik Matahari juga berkaitan dengan badai Matahari yang selama ini dikenal.

Bintik Matahari bisa diamati kapan saja manakala bintik memang ada dan terlibat. Sementara itu, Transit Venus hanya terjadi seabad 2 kali. Setelah hari ini, Transit Venus baru akan terjadi 11 Desember 2117.