Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Halangi Pengamatan Transit Venus di Ambon

Kompas.com - 06/06/2012, 19:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut fenomena Transit Venus yang terjadi pada Rabu (6/6/2012) ini, Langitselatan menggelar acara pengamatan sekaligus edukasi tentang astronomi di Ambon. Pengamatan Transit Venus digelar di Pantai Liang.

Ambon secara geografis sebenarnya wilayah yang cukup beruntung sebab punya peluang menyaksikan Transit Venus secara keseluruhan. Sayang, faktor alam lainnya membuat peluang keberuntungan tersebut sirna. Hanya beberapa bagian Transit Venus saja yang teramati.

"Tadi mendung sekali dan sempat hujan. Jadi kita sulit mengamati Matahari. Cuma berhasil mengamati beberapa tahap, itu pun harus kejar-kejaran dengan awan," kata Avivah Yamani dari Langitselatan yang dihubungi Kompas.com hari ini.

Ferry M Simatupang dari Institut Teknologi Bandung yang juga ikut melakukan pengamatan di Ambon mengatakan hal serupa.

Ia menuturkan, pengamat hanya berhasil mengabadikan beberapa foto Transit Venus. Kesempatan melihat transit sangat singkat. Meski di satu sisi pengamatan kurang berhasil, di sisi lain ada hal yang patut dibanggakan.

Pengamatan Transit Venus di Ambon dihadiri oleh beragam kalangan, mulai pelajar SMP dan SMA, mahasiswa beserta dosennya, hingga warga masyarakat setempat. "Mereka datang dari pukul enam pagi," kata Avivah.

Avivah menambahkan, selama hujan berlangsung, anak-anak pun tetap antusias mengikuti sesi pengenalan teleskop yang digelar. Kiranya ini menjadi bukti bahwa minat masyarakat termasuk anak-anak pada astronomi atau sains tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com