Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Transit, Venus Tinggal Secuil

Kompas.com - 06/06/2012, 17:35 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengamati proses Transit Venus dari awal hingga akhir, maka pergerakan planet ini pun bisa terlihat jelas, beserta fenomena yang menyertainya.

Dari Planetarium Jakarta, Transit Venus teramati pertama kali oleh Ilham Muslim, anggota Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ) sekitar pukul 06.25 WIB. Saat itu, Venus sudah ada di piringan Matahari.

Transit Venus terbagi menjadi beberapa tahap. Pada kontak I dan II, venus mulai memasuki piringan Matahari. Tahap ini tak terlihat dari pengamatan di Jakarta sebab Matahari belum terbit.

Puncak transit terlihat jelas dari planetarium. Puncak fenomena yang juga sering disebut Gerhana Venus ini terlihat jelas dan berhasil diabadikan pada pukul 09.25 WIB.

Menjelang akhir transit, ada fenomena menarik. Venus yang tadinya tampak sebagai bintik bulat kecil perlahan seperti terpotong. Pada foto di atas, terlihat bahwa Venus tinggal secuil saja.

Saat Venus tinggal secuil adalah tahapan antara kontak III dan IV. Kontak III adalah saat Venus berada di tepi piringan Matahari, hendak meninggalkan Matahari. Kontak IV ialah saat Venus tepat meninggalkan Matahari.

Mengapa hanya secuil Venus yang terlihat? Sebabnya, sebagian Venus sudah meninggalkan Matahari. Bagian itu tak terlihat karena filter yang dipakai dalam pencitraan adalah filter cahaya tampak.

Berdasarkan pengamatan di Jakarta, Transit Venus resmi berakhir sekitar pukul 11.47 WIB. Di Planetarium Jakarta, berakhirnya Transit Venus disambut perasaan lega. Kesabaran menunggu terbayar oleh pengalaman pengamatan dan dokumentasi yang memuaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com