Kompas.com - 06/06/2012, 13:15 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena transit Venus yang terjadi pada Rabu (6/6/2012) dirayakan oleh komunitas Himpunan Astronom Amatir Jakarta dengan mengadakan pengamatan. Selama pengamatan, ratusan warga Jakarta ikut serta.

Kontak I dan II, yakni tahapan ketika Venus mulai memasuki piringan Matahari, tidak bisa terlihat dari wilayah Jakarta. Pasalnya, saat terjadi pukul 05.09 WIB, Matahari belum terbit.

Foto di atas menunjukkan tahapan puncak fenomena yang kadang juga disebut gerhana Venus ini. Dari pengamatan di Planetarium Jakarta, puncak transit Venus terjadi pukul 09.25 WIB.

Saat puncak, Venus tampak lebih tebal. Terdapat bayangan di sekitar piringan Venus yang menunjukkan, atmosfer planet terdekat kedua dari Matahari ini tebal. Transit Venus baru akan terjadi lagi pada tahun 2117.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.