Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Mengobrol, Presiden Hentikan Pidato

Kompas.com - 05/06/2012, 18:12 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa yang tak marah ketika seseorang berpidato, peserta yang diundang hadir malah asyik membuat "forum" sendiri? Tak terkecuali Kepala Negara. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat terdiam sesaat ketika berpidato panjang lebar mengenai Hari Lingkungan Hidup Internasional di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/6/2012). Pasalnya, beberapa peserta undangan yang merupakan kepala daerah, pejabat pemerintah daerah/pemerintah kota, dan pejuang lingkungan, asyik berbicara sendiri.

"Saya menunggu biar selesai berbicara yang di belakang itu," kata Presiden seraya melemparkan pandangannya ke peserta bagian belakang. Alhasil, para peserta yang tengah asyik membuat "forum" sendiri hening. Perhatian pun ditujukan kepada pidato Presiden.

Peristiwa ini bukanlah yang pertama. Salah satu peristiwa serupa yang paling menonjol adalah ketika Presiden berpidato di hadapan peserta forum konsolidasi pimpinan daerah, bupati, wali kota, ketua DPRD kabupaten/kota di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta, pada 2008 silam.

Saat itu, beberapa peserta terlihat tertidur, sementara Presiden serius berpidato soal penghematan anggaran. "Itu coba bangunkan yang tidur itu. Kalau tidur di luar saja!" kata Presiden sambil menunjuk pimpinan daerah yang tertidur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com