Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidayat-Didik Susuri Ciliwung

Kompas.com - 05/06/2012, 15:22 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini, memperingati Hari Lingkungan Hidup, Selasa (5/6/2012), dengan cara khusus. Bersama timnya, mereka menyusuri Sungai Ciliwung. Hidayat bersama Didik dan timnya berkumpul di titik keberangkatan, Jembatan Kalibata, Cililitan Kecil, Jakarta Timur, sekitar pukul 10.30 WIB.

"Ini langkah nyata untuk mengajak warga menjaga lingkungan kita, salah satu yang terpenting adalah Kali Ciliwung ini," kata Hidayat menjelaskan misinya.

Dengan menggunakan sembilan perahu karet, tim bergerak dengan tujuan Jembatan Kampung Melayu, Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Perjalanan berlangsung lambat lantaran tumpukan sampah di Ciliwung cukup banyak. Puncaknya hambatan dijumpai tim saat tiba di Tanjung Sanyang. Gundukan sampah sekitar 30 meter tidak memungkinkan perahu-perahu karet lewat.

Rombongan pun terpaksa menepi dan berjalan menyusuri pinggiran Kali Ciliwung melintasi kebun pisang untuk menghindari tumpukan sampah. "Saya menyesalkan kondisi seperti ini. Saya tanya, 2007 lalu Pak Adang (Daradjatun, cagub DKI) menyisir Sungai Ciliwung juga, tidak ada sampah menggunung seperti ini. Justru 2012 baru ada seperti ini," tutur Hidayat.

Perjalanan berakhir di Bidaracina sekitar pukul 12.00 WIB. Hidayat dan Didik disambut puluhan warga, termasuk ibu-ibu anggota Majelis Taklim Jatinegara. Keduanya lantas diiringi menuju lokasi yang telah disiapkan warga di RT 006 RW 02 Bidaracina. "Perlu otoritas yang mengatur dan menjaga lingkungan sungai. Kali dan air tidak boleh dikotori," kata Didik seusai perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com