Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transit Venus Membawa Pesan Perdamaian

Kompas.com - 25/05/2012, 12:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena mampirnya Venus ke muka Matahari atau Transit Venus akan terjadi pada 6 Juni 2012 mendatang. Selain langka dan baru akan terjadi lagi tahun 2117, fenomena ini juga istimewa karena bisa membawa banyak pesan.

Universe Awareness (Unawe), sebuah lembaga yang mempromosikan astronomi kepada anak-anak, berupaya membawa pesan perdamaian dan persatuan lewat pengamatan Transit Venus dan rangkaian acara lainnya.

Selama 3 hari, 4-6 Juni 2012, Unawe mengadakan serangkaian acara pendidikan astronomi bagi anak-anak dan guru di Atambua. Puncak acara adalah pengamatan Transit Venus. Anak-anak dan guru diajak melakukan aktivitas atau permainan sekaligus mengenal astronomi dengan cara yang menyenangkan.

"Atambua kita pilih karena letak geografisnya yang berbatasan dengan Timor Leste, selain karena Transit Venus paling bagus diamati di wilayah Indonesia Timur," ungkap Yatny Yulianty dari Unawe saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/5/2012).

Yatny mengungkapkan,saat pengamatan Transit Venus, publik di Atambua juga bisa menyaksikan hasil pengamatan fenomena yang sama yang dilakukan di Dili, Timor Leste, lewat livestreaming. Demikian juga sebaliknya.

Masyarakat di wilayah perbatasan Timor Leste dan Indonesia (Atambua) punya sejarah konflik. Jajak pendapat warga Timor Leste pada tahun 1999 yang berujung pada kemerdekaan negara tersebut menimbulkan permasalahan seperti eks pengungsi Timor Leste yang bermukim di wilayah perbatasan.

"Kita ingin membawa pesan perdamaian lewat Transit Venus. Sekaligus, memang target Unawe adalah anak-anak di daerah yang kurang mampu sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan khususnya astronomi," urai Yatny.

Transit Venus kali ini dinanti banyak pihak karena bisa dikatakan terjadi sekali seumur hidup. Dalam bidang astronomi, fenomena ini membantu para astronom dalam berlatih mengkonfirmasi keberadaan planet ekstrasolar.

Kompas.com turut merayakan fenomena ini dan mendukung pengenalan astronomi ke siapa saja tanpa batasan. Kompas.com mengadakan obrolan SCIENCE INSIGHTS bertema Transit Venus yang akan dilaksanakan pada :

Acara akan diadakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 28 Mei 2012
Tempat          : @ America, Pacific Place Lantai 3, Jakarta
Waktu           : 10.30-14.30 WIB

Sejumlah pembicara yang akan hadir antara lain :

1. Sten Odenwald dari NASA
2. Muhammad Rayhan dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ)
3. Taufik Hidayat, peneliti planet ekstrasolar dari Departemen Astronomi, Institut Teknologi Bandung.
4. Avivah Yamani dari Langitselatan
5. Premna W Premadi, kosmolog dari Departemen Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Acara terbuka untuk umum. Pendaftaran bisa dilakukan http://ads2.kompas.com/layer/trovak/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com