Transit Venus, Sekali Seumur Hidup

Kompas.com - 24/05/2012, 06:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena astronomi langka, Transit Venus, akan terjadi pada Rabu, 6 Juni 2012.

Secara sederhana, fenomena Transit Venus adalah mampirnya Planet Venus di permukaan Matahari. Venus berada di antara Matahari dan Bumi. Karena piringan Venus kecil, maka saat transit, planet kedua terdekat dari Tata Surya ini akan tampak sebagai bintik hitam yang bergerak di permukaan matahari.

Fenomena ini terakhir terjadi pada tahun 2004 lalu. Periode terjadinya fenomena ini adalah 8, 121, 5, 8, dan 105,5 tahun. Setelah tahun ini, Transit Venus baru akan terjadi tahun 2117. Maka dari itu, pantaslah bila fenomena ini disebut sekali seumur hidup.

Pada 6 Juni nanti, transit akan terjadi sekitar pukul 05.14 hingga 11.50 WIB. Fenomena ini hanya bisa diamati dengan teleskop. Komunitas astronom amatir di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung berencana mengajak publik menikmatinya.

Wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat hanya berkesempatan melihat sebagian proses transit. Sementara itu, wilayah seperti Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua berkesempatan melihat proses transit dari awal hingga akhir.

Merayakan akan datangnya fenomena langka ini, Kompas.com menyelenggarakan obrolan ringan SCIENCE INSIGHTS dengan tema "Transit Venus". Acara akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 28 Mei 2012
Tempat          : @ America, Pacific Place Lantai 3, Jakarta
Waktu           : 10.30-14.30 WIB

Pembicara dari kalangan astronom amatir dan profesional, hingga Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan berbagi dalam acara tersebut. Para pembicara adalah:

1. Sten Odenwald dari NASA
2. Muhammad Rayhan dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ)
3. Taufik Hidayat, peneliti planet ekstrasolar dari Departemen Astronomi, Institut Teknologi Bandung.
4. Avivah Yamani dari Langitselatan
5. Premna W Premadi, kosmolog dari Departemen Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Tak hanya berbicara tentang Transit Venus, para pembicara juga akan mengajak hadirin untuk mengenal astronomi lebih jauh. Isu tentang pencarian planet layak huni, makhluk hidup di luar Bumi, hingga semesta dan penciptaannya akan dibicarakan.

Acara terbuka bagi siapa pun yang berminat. Ikuti diskusinya, Senin, 28 Mei 2012 di @ America dan amati fenomenanya pada 6 Juni 2012. Ayo rayakan keindahan fenomena astronomi sekaligus anugerah Sang Maha Pencipta.