Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bilik Batu Megalitikum Ditemukan di Kebun Kopi

Kompas.com - 19/05/2012, 14:33 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

 

PAGARALAM, KOMPAS.com - Formasi batu datar bersusun yang diduga merupakan bilik batu dari zaman megalitikum ditemukan di kebun kopi warga di Tegurwangi, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (19/5). Formasi tersebut ditemukan tim peneliti megalitikum gabungan Balai Arkeologi Palembang, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pagaralam.

Batu yang diduga atap bilik batu tersebut berukuran panjang empat meter, panjang 1,76 meter, dan ketebalan 18 sentimeter. "Untuk mengetahui ini bilik batu harus digali dulu," kata Koordinator Juru Pelihara BP3 Jambi Akhmad Rivai di lokasi penemuan, Sabtu (19/5/2012).

Sekitar 20 meter dari lokasi terdapat bilik batu yang telah selesai diekskavasi namun ukurannya lebih kecil. Terdapat pula dolmen, batu susun empat, dan arca megalitikum di sekitar lokasi. "Jika benar ini bilik batu, ini termasuk bilik batu terbesar," kata Akhmad.

Bilik batu merupakan sejenis bilik dari batu yang biasanya tersembunyi di bawah tanah. Tempat ini diduga tempat bersembahyang di zaman megalitikum.

Saat ini telah terdata 16 bilik batu di kawasan megalitikum Basemah yang meliputi Pagaralam dan Kabupaten Lahat. Penemuan benda megalitikum masih terus dilaporkan warga di kawasan itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com