Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri LH Lepas 1.422 Kura-kura Moncong Babi

Kompas.com - 16/05/2012, 23:22 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup, Berthasar Kambuaya, melepas secara simbolis 1.422 ekor kura-kura moncong babi (carettochelys insculpta) di kawasan Taman Nasional Lorentz yang terletak di kawasan Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (16/5/2012) ini.

Pelepasan ribuan kura-kura moncong babi, ditandai dengan penyerahan puluhan kura-kura moncong babi kepada petugas balai besar KSDA Papua disaksikan Presdir PT Freeport Rozik Soetjipto, Assisten I Pemprov Papua, dan sejumlah pejabat di lingkungan PT Freeport bertempat.

Presdir PT Freeport, Rozik Soetjipto, dalam sambutannya mengatakan, ribuan kura-kura moncong babi itu termasuk salah satu satwa endemik Papua yang terancam punah. Sudah menjdi kebijakan lingkungan PT Freeport, untuk berkontribusi dalam konservasi keanekaragaman hayati Papua.

Menurut dia, sejak tahun 2006  PT Freeport telah menfasilitasi upaya melepaskan lebih dari 25.000 ekor kura-kura moncong babi, di mana 23.000 ekor di antaranya hasil kerja sama dengan pihak BBKSDA Papua.

PT Freeport juga telah membantu upaya melepaskam puluhan satwa langka endemik Papua dari berbagai jenis, seperti kanguru tanah, burung nuri, dan kakatua.

Saat ini di areal operasional PT Freeport, ungkap Rozik, lebih dari 7.000 koleksi spesies tumbuhan dan hewan telah didokumentasikan melalui berbagai temuan, dan upaya pengamatan berkelanjutan yang dilakukan oleh tenaga terlatih yang bekerja untuk Departemen Lingkungan Hidup PT Freeport.

Ribuan kura-kura moncong babi itu, nantinya akan dikembalikan ke habitatnya yang berada di kawasan taman nasional Lorentz.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com