Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Petai Antioksidan Alami

Kompas.com - 14/05/2012, 04:13 WIB

Surabaya, Kompas - Minyak goreng bekas mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas itu dapat dihilangkan dengan senyawa fenolik dari kulit petai segar.

Manfaat kulit petai sebagai antioksidan alami minyak goreng merupakan hasil penelitian Gideon Fransisco (22), mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Jawa Timur. Gideon merupakan salah satu wisudawan UKWMS terbaik periode I tahun 2012.

”Kulit petai sebagai antioksidan alami jauh lebih menyehatkan daripada antioksidan sintesis yang dipakai minyak goreng di pasaran,” kata Gideon, Jumat (11/5), di Surabaya. Dengan sari kulit petai, warna minyak bekas yang semula hitam menjadi lebih jernih. Bau tengik pun hilang.

Gideon memanaskan kulit petai bersama pelarut etanol. Setelah mencapai 82 derajat celsius, senyawa fenolik bisa dipisahkan.

Hasil ekstrasi kulit petai berupa kristal berwarna coklat. Kristal-kristal itu kemudian dipanaskan bersama minyak bekas pada suhu 180 derajat celsius. Minyak dapat digunakan lagi hingga tiga kali penggorengan.

Gideon menuturkan, penelitian ini terinspirasi penjual gorengan di pinggir jalan. Para pedagang gorengan sebagian besar menggunakan minyak bekas berwarna hitam. ”Saya mencari cara supaya minyak itu tidak berbahaya bagi kesehatan,” kata Gideon.

Ia berharap penelitian ini dapat dipatenkan dan diterapkan dalam industri skala besar. Hal ini akan ia bicarakan bersama dosen pembimbingnya.

Wakil Rektor UKWMS Kuncoro Foe juga berharap temuan ini dapat diaplikasikan secara luas. (DEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com