Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Evakuasi Sukhoi Sulit

Kompas.com - 11/05/2012, 11:54 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Jalur darat menuju lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat cukup sulit. Dari pantauan Kompas.com, yang sejak Kamis (9/5/2012) mengikuti penyisiran, kesulitan mulai dihadapi tim gabungan setelah melewati lokasi yang dikenal sebagai tower atau puncak empat Gunung Salak di ketinggian sekitar 1800 mdpl.

Melewati tower, tim gabungan harus melewati jalan setapak dengan jurang di sisi kiri dan kanan. Jalur ini pun sulit dilalui karena tertutup perdu. Tim terpaksa membuka jalur baru karena jalur lama menuju puncak di dekat lokasi jatuhnya pesawat sudah tertutup pepohonan karena jarang didaki.

Menurut wartawan Media Indonesia, Susanto yang ikut melanjutkan penyisiran hingga lokasi terdekat, puing pesawat terlihat berserakan di tepi jurang vertikal dengan ketinggian sekitar 200 meter. 

"Untuk lebih mendekati lokasi pesawat, jalurnya cukup sulit. Kami memutuskan untuk turun karena peralatan tidak memungkinkan", ujar Susanto.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 hilang kontak Rabu, (9/5/2012) saat melakukan joy flight dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat mengangkut 45 penumpang, di antaranya wartawan dan rekanan. 

Foto selengkapnya bisa dilihat di Kompas Images

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com