Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Lihat Supermoon di Planetarium!

Kompas.com - 06/05/2012, 11:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena Supermoon akan mencapai puncaknya pada Minggu (6/5/2012) malam ini. Bulan akan tampak 14 persen lebih besar serta 30 persen lebih terang.

Fenomena ini muncul karena bulan purnama terjadi bersamaan dengan perigee, saat Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi. Saat perigee, Bulan berada pada jarak 356.955 km dari Bumi, 10 persen lebih dekat.

Muhammad Rayhan dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ) mengatakan, "Planetarium akan menggelar pengamatan Supermoon. Bagi yang ingin melihat Supermoon bisa datang ke Planetarium." Ditemui dalam pertemuan rutin HAAJ, Sabtu (5/5/2012) kemarin, Rayhan mengatakan bahwa pengamatan akan digelar pada Minggu hari ini mulai pukul 18.00 WIB.

Bulan yang lebih besar saat Supermoon sulit disadari. Pengamatan di Planetarium dengan teleskop membantu melihat lebih besarnya ukuran Bulan saat fenomena Supermoon terjadi.

Bulan diketahui memasuki fase purnama pada pukul 10.35 WIB pagi ini. Adapun waktu perigee mulai pukul 10.34 WIB. Pengamatan pada Minggu malam menguntungkan sebab saat ini Bulan sudah memasuki fase purnama.

Nah, ayo datang ke Planetarium untuk melihat Supermoon. Planetarium Jakarta berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Jangan lupa mengabadikan foto terindah Supermoon dan berbagi dengan Kompas.com di Facebook Kompas Sains atau akun twitter @wJiUtomo. Selamat mengamati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com