Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citra Borneo Siapkan 3.000 Ha Untuk Orangutan

Kompas.com - 04/05/2012, 19:32 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com -- Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Citra Borneo Indah, menyiapkan lahan dengan luas sekitar 3.000 ha. Lahan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah itu akan digunakan sebagai tempat pelepasliaran orangutan.

Citra Borneo Indah sedang mengurus izin penggunaan lahan tersebut. "Kami mengurusnya melalui Pemkab Katingan. Kalau sudah selesai, lahan akan dikelola lembaga pelestarian orangutan," kata President Director Citra Borneo Indah, Rimbun Situmorang, Jumat (4/5/2012) di Pangkalan Bun.

Citra Borneo Indah bekerja sama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) melalui Program Reintroduksi Orangutan Kalteng di Nyaru Menteng (PROKT-NM).

Sebelum dilepasliarkan, orangutan dilatih untuk terbiasa hidup di alam bebas. Pengkondisian tersebut dilakukan di tempat milik PROKT-NM di Palangkaraya. Menurut Rimbun, Citra Borneo Indah telah mendukung pelepasliaran orangutan yang dilakukan PRKOT-NM.

"Biaya pelepasliaran orangutan cukup besar. Orangutan harus diangkut dengan pesawat dua kali. Kami mendukung secara finansial," tutur Rimbun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com