Kompas.com - 03/05/2012, 17:32 WIB
|
EditorBenny N Joewono

CIBINONG, KOMPAS.com - Amran Achmad, Kepala Laboratorium Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, Universitas Hasanuddin, mengatakan bahwa ekowisata kawasan karst bila dikembangkan akan lebih menguntungkan daripada tambang.

Dalam Lokakarya "Ekosistem Karst Untuk Kelangsungan Hidup Bangsa" di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Cibinong, Kamis (3/5/2012), Amran memaparkan keuntungan ekowisata di kawasan karst Bantimurung.

"Dari ticketing saja, pendapatan dari wisata karst Bantimurung pada tahun 2008 sebesar 2,8 miliar, pada tahun 2009 sebesar 3,2 miliar sementara tahun 2010 sudah 7,7 miliar. Sementara tambang hanya 200 juta," kata Amran.

Jumlah tersebut didapatkan hanya dari wisatawan domestik yang berkunjung. Jumlah wisatawan mancanegara masih sangat minim karena pengembangan kawasan yang belum mantap.

Amran mengatakan, kasus di Bantimurung menunjukkan bahwa ekowisata lebih mampu menghasilkan keuntungan daripada tambang, dengan resiko kerusakan ekosistem lebih rendah. Karenanya, pengembangan ekowisata perlu dilakukan.

"Saat ini, turis asing belum banyak datang ke Bantimurung karena fasilitasnya kurang. Maka perlu dikembangkan fasilitas dan kesipan masyarakat menghadapi wisatawan," ungkap Amran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.