Benda Purbakala Watu Joli Ditemukan

Kompas.com - 02/05/2012, 23:30 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Watu Joli, benda dari batu yang bernilai arkeologis  yang hilang sejak 2006, dilaporkan telah ditemukan.

Watu Joli semula diketahui berasal dari situs purbakala Goa Tritis yang berlokasi di Gunung Budhek, Dusun Kendit, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Benda bernilai arkeologis itu pada hari Selasa (2/6/2012) ditemukan polisi, di rumah seorang penduduk setempat.

Kepala Museum Tulungagung, Hariadi, yang dihubungi Rabu (2/5) dulu Watu Joli yang serupa lumpang batu dan tutupnya setinggi 60 sentimeter, diyakini digunakan untuk menyimpan abu jenazah.

Sutrimo (55), penjaga Situs Goa Tritis, melaporkan Watu Joli hilang 7 Februari 2006 silam. Berdasar laporan masyarakat, batu itu diketahui berada di halaman belakang rumah penduduk setempat.

Menurut Kapolsek Campurdarat, Ajun Komisaris Suyono, polisi yang menindaklanjuti laporan tersebut, lalu melakukan penggerebekan serta membawa batu.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.