Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Letusan Gunung Lokon

Kompas.com - 01/05/2012, 21:04 WIB

KOMPAS.com - Foto kiriman dari Tri Lokon melalui Citizen Images. Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus, Selasa siang, pukul 12.00 Wita. Debu vulkanik menyembur setinggi 2.500 meter dari mulut Kawah Tompaluan. Debu letusan terbawa angin ke arah Utara, sehingga Desa Kakaskasen, Kinilow terbebas dari hujan abu. Tak ada pengungsian.

Seperti diberitakan Kompas.com, letusan ini lebih besar daripada letusan pada Rabu, (25/4/2012). Sebelumnya telah terjadi peningkatan aktivitas yang ditandai dengan meningkatnya kegempaan vulkanik dangkal dan vulkanik, 2-3 gempa dalam 2 menit, antara gempa diikuti tremor vulkanik.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, merekomendasi agar tidak ada aktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah Tompaluan.

Gunung Lokon terletak dekat Kota Tomohon yang berjarak 40 kilometer dari Kota Manado. Saat ini telah disiapkan tempat-tempat pengungsian yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu masyarakat harus mengungsi.

Menurut Sutopo, PVMBG Badan Geologi, masyarakat belum perlu mengungsi. Lokasi pengungsian harus dipastikan jumlahnya, daya tampung dan ketersediaan permakanan, logistik dan peralatannya pada tempat yang aman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com