Kompas.com - 20/04/2012, 09:20 WIB
|
EditorKistyarini

PASADENA, KOMPAS.com - Pluto punya tetangga jauh. Bernama Sedna, tetangga Pluto tersebut ditemukan pada tahun 2003 dan mengorbit Matahari dari jarak lebih dari dua kali jarak Matahari-Pluto.

Sebelumnya, diperkirakan Sedna berukuran 2/3 ukuran Pluto. Namun, studi terbaru menemukan bahwa Sedna lebih kecil, hanya berukuran 43 persen luas Pluto.

Studi terbaru itu dilakukan oleh Andras Pal dari Konkoy Laboratory di Hungaria dan rekannya. Mereka menggunakan Herschel Space Observatory milik European Space Agency (ESA) untuk mendeteksi Sedna berdasarkan inframerah.

"Seda sangat dingin," kata Pal. Benda angkasa yang sempat diduga planet kesepuluh di Tata Surya ini mengorbit pada jarak 13 miliar kilometer dan memiliki suhu -253 derajat Celsius.

Observasi dengan Herschel menunjukkan bahwa Seda merefleksikan lebih banyak sinar matahari dari yang siduga. Ini menunjukkan bahwa objek angkasa ini begitu kecil dan terlihat redup.

"Kami mengharapkan objek yang lebih besar dan gelap," kata Pal seperti dikutip National Geographic, Kamis (18/4/2012). Diameter Sedna hanya 995 kilometer, lebih kecil dari bulan Pluto, Charon.

Mike Brown, astronom dari California Institute of Technology, yang menemukan Sedna tahun 2003 mengatakan, "Kita tak pernah pengukuran yang bagus sebelumnya."

Pluto semula juga diduga lebih besar dari Merkurius namun lebih kecil dari Mars. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa Pluto hanya berukuran 1/2 Merkurius.

Hasil penelitian Pal telah masuk ke arsip penelitian online arXiv.org. Studi akan segera dipublikasikan di jurnal Astronomy and Astrophysics Letter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.