Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Belum Bisa Pastikan Jumlah Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 11/04/2012, 21:49 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana masih terus mengumpulkan data korban dan kerusakan akibat gempa bumi di Aceh dan sekitarnya, Rabu (11/4/2012). Pengumpulan data ini terkait dengan terputusnya jaringan komunikasi dan listrik di Aceh dan sekitarnya.

"BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) belum dapat memastikan jumlah korban dan kerusakan. Kami masih terus mendatanya. Paling cepat besok pagi kami akan sampaikan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada jumpa pers di kantor BNPB, Jakarta, Rabu malam.

Selain itu, Sutopo mengatakan, kendala lain yang menyebabkan pihaknya belum dapat memastikan jumlah korban dan kerusakan adalah wilayah terdampak yang luas. Gempa yang terjadi pada sore menjelang malam ini semakin membatasi ruang gerak relawan BNPB dalam melakukan pendataan.

Sementara itu, terkait kepanikan dan kemacetan yang terjadi di wilayah gempa, utamanya di Simeulue, menurut dia, hal tersebut wajar. Hal itu, lanjutnya, tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara lain, termasuk Jepang. "Kepanikan dan kemacetan terjadi karena semua warga melarikan diri," kata Sutopo.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dirinya telah berkomunikasi dengan panglima daerah militer dan pejabat terkait lainnya. Menurut laporan yang diterima Presiden, hingga Rabu sore, tak ada korban jiwa dan kerusakan berarti akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com