Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Orangutan di Bukit Batikap Mampu Beradaptasi

Kompas.com - 10/04/2012, 16:27 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Proses adaptasi 15 orangutan yang dilepasliarkan di kawasan Hutan Lindung Bukit Batikap, Murung Raya, Kalimantan Tengah, berjalan lancar. Satwa yang dilindungi itu sudah menjelajah kawasan hutan lindung, makan tumbuhan liar, dan tidak sakit.

Manajer Program Reintroduksi Orangutan Kalteng di Nyaru Menteng Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Anton Nurcahyo di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (10/4/2012), mengatakan, orangutan telah menjelajah dengan jarak hingga 3,5 kilometer.

Seekor orangutan remaja bernama Tata, misalnya, sudah mulai mandiri dari induknya. Tantri dan Ompong, dua orangutan lain, menjelajah hutan dengan kondisi sehat. Sementara Tarzan mengeluarkan suara khas setiap 30 menit pada siang hari agar keberadaannya diketahui orangutan lain.

Sebelumnya, empat orangutan telah dilepasliarkan di Bukit Batikap pada akhir Februari 2012, disusul 11 orangutan lain pada akhir Maret 2012. Mereka merupakan bagian dari total 40 orangutan yang akan dilepasliarkan Yayasan BOS di Kalteng tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com