Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Ilmiah KCLH Rafflesia Digelar

Kompas.com - 09/04/2012, 23:12 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Kelompok Cinta Alam dan Lingkungan Hidup Rafflesia (KCLH) FMIPA Universitas Andalas, Padang, akan melakukan ekspedisi ilmiah guna mengidentifikasi keragaman flora dan fauna Sumatera Barat.

Ekspedisi itu direncanakan berlangsung pada 12-20 April mendatang, di kawasan hutan Danau Laut Tinggal di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Anggota kehormatan Kelompok Cinta Alam dan Lingkungan Hidup Rafflesia FMIPA Universitas Andalas, Ferri Atmaja, Senin (9/4/2012), mengatakan, ekspedisi itu merupakan kelanjutan ekspedisi serupa yang dilakukan sejak tahun 2000-an.

"Kita ingin punya basis data mengenai keanekaragaman hayati," katanya.

Karena itulah, dalam setiap ekspedisi yang dilakukan pemilihan tempat dan fokus penelitian diupayakan untuk terus berbeda. Tujuannya agar keragaman jenis flora dan fauna pada pada berbagai daerah di Sumbar bisa diketahui.

"Misalnya Rafflesia, yang diketahui sebagian besar orang hanya terdapat di Provinsi Bengkulu. Padahal di Sumatera Barat juga terdapat sejumlah jenis Rafflesia yang tumbuh," ujar Ferri.

Ia menambahkan, salah satu fokus ekspedisi Kelompok Cinta Alam dan Lingkungan Hidup Rafflesia Universitas Andalas didirikan sejak 20 Oktober 1980 kali ini, ialah mengidentifikasi keragaman Nementhes sp atau kantong semar.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com