Kompas.com - 08/04/2012, 19:02 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Di ujung hari perayaan Paskah pada Minggu,(8/4/2012), Venus akan menyapa warga Indonesia. Venus akan tampak di ufuk barat sejak senja, kurang lebih pukul 17.30 WIB.

Venus akan tampak cukup terang dengan magnitud -4,32. Dengan magnitud ini, planet yang sering diasosiasikan dengan perempuan ini cukup bisa dilihat dengan mata telanjang bila langit cerah.

Waktu terbaik melihat planet Venus adalah sesaat setelah Matahari benar-benar tenggelam. Pengamatan saat senja akan terganggu karena "polusi" cahaya Matahari.

Waktu terbaik pengamatan planet ini sangat pendek, hanya antara pukul 18.45 WIB - 19.30 WIB. Kurang lebih pukul 20.00 WIB, planet ini sudah akan tenggelam.

Tertarik mengamati? Keluarlah pada waktu terbaik pengamatan. Carilah wilayah yang yang cukup gelap lapang, tak terhalang gedung bertingkat dan tak terlalu banyak polusi cahaya. Arahkan pandangan ke barat.

Venus biasanya akan tampak berwarna putih. Kenampakan Venus akan berbeda dengan bintang. Bila bintang tampak berkedip, tak demikian halnya dengan planet seperti Venus.

Venus punya banyak mitos. Terkait Kristianitas, Venus diduga sebagai bintang Natal, tanda kelahiran Yesus. Venus juga lambang cinta kasih, ajaran utama Yesus.

Selain Venus, Mars dan Saturnus juga akan tampak malam ini. Keduanya akan tampil semalam suntuk di langit. Anda pun punya kesempatan untuk menyaksikannya.

Mars akan tampak dengan magnitud -0,54 sementara Saturnus 0,80. Sesaat setelah senja, keduanya akan tampak di langit timur. Semakin malam, kedua planet akan bergerak semakin ke barat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.